Arab Saudi Melarang Sementara Umrah Karena Wabah Corona


Arab Saudi mulai 27 Maret 2020 menangguhkan ziarah umroh karena khawatir virus corona baru menyebar ke kota-kota suci Mekah dan Madinah, kata kementerian dalam negeri.

Negara Teluk telah memutuskan “untuk menangguhkan umrah sementara waktu bagi warga dan penduduk di kerajaan”, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Mereka juga dilarang dari “kunjungan ke masjid Nabi di Madinah”, menurut tweet kementerian luar negeri.

Keputusan itu diambil setelah Arab Saudi pekan lalu menangguhkan visa untuk ziarah dan melarang warga dari Dewan Kerjasama Teluk yang beranggotakan enam negara memasuki Mekah dan Madinah, dua kota paling suci di Islam.

Arab Saudi pada hari Senin mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus baru setelah satu warganya yang kembali dari hotspot COVID-19 Iran dinyatakan positif.

Langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menyebabkan ribuan peziarah Muslim dalam limbo, meningkatkan ketidakpastian atas haji tahunan ke Mekah yang dijadwalkan pada akhir Juli.

Situs suci, yang menarik jutaan peziarah setiap tahun, adalah sumber potensial penularan tetapi juga merupakan penghasil pendapatan utama dan pilar legitimasi politik bagi penguasa Saudi