Beda Haji Ifrad, Tamattu’, dan Qiran


Haji yang merupakan rukun islam ke-5 yang harus dijalankan oleh umat muslim yang memiliki rezeki dan memiliki kesehatan untuk beribadah langsung di rumah Allah. Ternyata ada beberapa macam haji yang perlu anda ketahui sebelum melakukan ibadah haji.

  1. Haji Ifrad

Pengertian dari haji ifrad adalah seseorang yang berniat melakukan haji tanpa melakukan umroh pada bulan-bulan haji yang artinya melakukan haji dan umroh secara terpisah atau melakukan ibadah haji terlebih dahulu baru melakukan umrah dalam satu musim haji.

63

Berikut rincian pelaksanannya:

  • Ihram dari miqat untuk haji
  • Ihram lagi dari miqat untuk umrah
  • Tidak membayar dam disunatkan tawaf qudum

Untuk yang melaksanakan haji Ifrad tidak berkewajiban untuk menyembelih hewan kurban. Jika ibadah haji sudah selesai maka orang tersebut mengenakan ihram kembalo untuk melaksanakan umrah.

 

  1. Haji Tamattu’

Haji Tamattu’ adalah seseorang berihram untuk melaksanakan umrah pada bulan-bulan haji yang artinya memasuki Makkah lalu menyelesaikan umrahnya dengan melaksanakan thawaf umrah, sa’I umrah kemudian bertahallul dari ihramnya dengan memotong beberapa helai rambut dan tetap dalam keadaan halal hingga datangnya hari Tarwiyah, yaitu tepat tanggal 8 Dzulhijjah.

Tepat pada hari Tarwiyah anda akan melakukan ihram kembali dari Makkah untuk menunaikan hajinya hingga sempurnya. Bagi anda yang melakukan haji Tamattu’ diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban pada tanggal 10 Dzulhijjah atau di hari-hari tasyriq. Namun jika anda tidak mampu menyembelih maka boleh diganti dengan berpuasa 10 hari yang 3 harinya boleh dilakukan di hari tasyriq.

Berikut rincian pelaksanaannya:

  • Ihram dari miqat untuk umroh
  • Ihram lagi dari miqat untuk haji
  • Membayar dam

 

  1. Haji Qiran

Haji Qiran adalah seseorang yang melakukan ihram untuk melaksanakan umrah dan haji secara bersamaan atau dia melakukan ihram untuk umrah dan dilanjutkan dengan ihram untuk haji sebelum memulai thawaf dan kemudian memasuki kota Makkah dan tetap pada ihamnya hingga selesai melaksanakan manasik hajinya dan wajib menyembelih ‘hadyu’.

Berikut rincian pelaksanaannya:

  • Ihram dari miqat untuk haji dan umrah
  • Melaksanakan semua pekerjaan haji
  • Membayar dam

Jika anda belum memiliki uang yang cukup untuk Haji anda bisa memilih untuk melakukan umroh terlebih dahulu dan temukan travel umroh Jakarta yang tepat agar segala fasilitas dan kegiatan anda selama berada di tanah suci berjalan dengan lancar. Semoga impian tercapai mewujudkan rukun Islam ke lima.