Doa Wukuf di Arafah


Pada tanggal 9 Dzulhijjah sesudah sholat subuh, Jamaah Haji Munatour berdoa dengan khusyu sambil menengadahkan tangan hingga matahari terbit. Setelah itu kita menuju arafah, sesampainya di Arafah kita menunggu hingga dzuhur tiba. Setelah masuk waktu dzuhur disampaikan Khutbah Arafah. Kemudian dilanjutkan dengan adzan iqamah, shalat dzuhur lalu iqamah dan sholat asar.

Artinya kita mendirikan shalat dzuhur dan asar yang dijamak taqdim qashar dengan cara satu keli adzan dan dua kali iqamat tanpa diselingi shalat sunnat apapun di antara keduanya (R. Muslim)

Wukuf di Arafah merupakan momen terpenting dalam ibadah haji dimana Nabi Shallallahu Alaihi wasallam bersabda :

Haji adalah arafah siapa yang mendapati Arafah maka dia telah mendapatkan haji. (R. Ahamad, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibu Hibban, Hakim, Daruqutni dan Baihaqi)

Sepanjang waktu setelah matahari tergelincir sampai dengan terbenamnya kita boleh terus bertalbiyah. Adapun diantar dzikir yang paling utama ketika wukuf adalah

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

“Laa ilaaha illallah, wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syaiin Qodiir”

Tidak ada yang berhak disembah selain Allah yang satu saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kekuasaan dan milik-Nya segala pujian, dan Dia Maha Mampu atas segala sesuatu.” (R. Tabrani, Malik, Tirmidzi dan Ashbahani)

Wukuf di Arafah adalah waktu dan tempat paling maqbul untuk berdoa, oleh karena itu hendaknya digunakan sebaik baiknya untuk memperbanyak istighfar, taubat, doa maupun dzikir.

Segera setelah masuk waktu magrib, kita berangkat menuju Muzdalifah.

Nikmati perjalanan ibadah Umroh dan Haji khusus bersama Travel Munatour, dibimbing ibadah sesuai sunnah dan fasilitas pelayanan berkualitas. Masih tersedia, paket Haji Prioritas langsung berangkat tanpa antri. Insya Allah haji tahun 2018/ 1439 dibimbing oleh Ustadz Firanda Andirja, MA, fasilitas hotel Makkah : Dar Tawhid Intercontinental *5, Madinah : Movenpick Anwar *5, Arafah & Mina : Maktab 112.