KOMPLEKS MAKAM RASULULLAH


Penjelasan Kompleks Makam Rasulullah, Travel Umroh dan Haji VIP Jakarta, Munatour – Diriwayatkan dari Yahya bin Sa’id RA, bahwa Aisyah RA berkata, “Aku melihat dalam mimpiku, ada 3 rembulan jatuh dari kamarku, kemudian aku ceritakan kepada bapakku, Abu Bakar (As-Shiddiq) RA”. Ketika Rasulullah SAW wafat dan di makamkan di kamar Aisyah RA, Abu Bakar berkata, “Ia adalah salah satu dari ketiga rembulan (dalam mimpi itu), dan itu yang terbaik (dari kedua yang lain)”.

Rasulullah wafat pada hari senin dan dikebumikan pada hari selasa. Orang-orang silih berganti berebut menshalati Rasulullah secara munfarid karna tak seorang dari mereka yang berani dan merasa pantas menjadi Imam dalam shalat jenazah Rasul.

Sebelum dimakamkan terjadi perdebatan di antara shahabat terkait di mana Rasulullah akan di makamkan. Sebagian sahabat mengusulkan agar Rasulullah dimakamkan di pemakaman Baqi’ bersama bara sahabat yang syahid terlebih dahulu. Sebagian lagi mengusulkan supaya Rasulullah dimakamkan dibawah mimbar. Disaat perbedaan pendapat itu, Abu Bakr Ash-Siddiq datang seraya berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Tak seorang nabi pun yang wafat kecuali akan dikebumikan di tempat ia wafat”.  Maka dimakamkanlah Rasulullah di tempat beliau wafat yaitu kamar Aisyah RA.

Disamping Makam Rasulullah adalah makam Abu Bakar Ash-Shiddiq RA. Didalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Abu Bakar RA berwasiat kepada putrinya Aisyah RA agar ia dimakamkan disampin Rasulullah SAW. Maka ketika ajalnya tiba dibuatlah lahad untuknya dengan posisi kepala beliau sejajar dengan pundak Rasulullah SAW.

Sedangkan di samping makam Abu Bakar adalam makam Umar bin Khattab RA. Diriwayatkan Umar mengutus anaknya sebelum wafat ke Aisyah RA dengan tujuan memohon izin kepada Aisyah agar ketika wafat ia bisa dikuburkan bersama Makam Rasulullah SAW dan Abu Bakar. “Wahai Abdullah bin Umar, pergilah kepada Ummul Mukminin RA, katakan bahwa Umar menyampaikan salam, kemudian mintalah izin kepadanya agar aku bila meninggal nanti bisa dimakamkan bersama kedua sahabatku (Rasulullah & Abu Bakar). Wal hasil, Aisyah menyetujuinya. Ia menjawab, “Awalnya aku inginkan tempat itu untukku sendiri, tapi hari ini aku berikan untuknya”

Jika anda ingin tau cara membuat paspor umroh mudah & cepat bisa langsung hubungi travel seperti Munatour. Untuk pilihan Paket Umroh dan Haji sesuai sunnah, dengan fasilitas layanan berkualitas, pastikan perjalanan ibadah Umrah & Haji anda bersama Munatour. Travel Umrah & haji terpercaya dengan komitmen sunnah, travel sunnah, Umroh langsung Madinah. Segera Hubungi 0217822292, 081314160674 wa atau klik www.munatour.co.id