Konsumsi Makanan Sehat Selama Melakukan Ibadah Haji dan Umrah


Konsumsi Makanan Sehat Selama Melakukan Ibadah Haji dan Umrah

Ibadah haji sengaja dilakukan untuk memenuhi rukun islam yang kelima yang merupakan melakukan ibadah  fisik dan spiritual secara bersamaan. Melakukan ibadah haji dan umrah membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga kesehatan menjadi kunci utama dalam menjalankan ibadah secara khusyuk. Jika anda sehat sudah berarti anda juga tidak akan merepotkan teman haji lainnya. Persipakan segalanya dari hal kecil hingga besar sekalipun agar tidak ada hal-hal yang kekurangan nantinya.

Selain pintar dalam memilih travel umrah dan haji anda juga jarus pintar memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi agar menjunjang aktifitas di tanah suci lebih mudah. Dengan mengkonsumsi makanan sehat pastinya anda mampu menjalankan setiap kegiatan manasik haji tanpa kelelahan yang berarti, para Jemaah haji sangat membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bermutu baik yang tentunya sesuai dengan gizi-gizi yang seimbang. Anda akan melakukan haji ditempat dan cuaca yang berbeda dengan tanah air Indonesia. Perjalanan yang akan ditempuhpun memakan waktu yang belasan jam sehingga sangat dibutuhkan fisik yang kuat.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisa melaksanakan haji dan umrah lebih khusuk.

  1. Sebelum berangkat haji anda harus memperhatikan asupan nutrisi yang lebih banyak dengan mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayur-sayuran secara teratur.
  2. Pintar menjaga menu makanan agar seimbang antara asupan protein dengan karbohidrat.
  3. Selain buah-buahan anda juga butuh mengkonsumsi rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, pala dan lada yang bermanfaat meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap penyakit.
  4. Jadikanlah buah-buahan yang sudah dikeringkan sebagai camilan yang bernutrisi.
  5. Konsumsilah air dan cairan yang bersih dan matang.
  6. Konsumsilah teh yang sudah dicampur dengan madu karena konon berkhasiat untuk meningkatkan kekebalah tubuh dari flu babi dan influenza.
  7. Konsumsilah multivitamin, vitamin C serta suplemen mineral dan selenium.

Selain itu ada beberapa makanan yang perlu anda hindari saat berada di tanah suci, berikut jenisnya:

  1. Gorengan juga makanan yang menggunakan zat warna dan pengawet karena makanan seperti ini akan mengurangi imunitas tubuh anda.
  2. Makanan yang mengandung pemanis buatan seperti aspartame karena pemanis ini bisa merusak jaringan saraf dan rentan terkenan pada jaringan otak serta organ tubuh yang lainnya.
  3. Minuman bersoda karena minuman ini mampu melemahkan tubuh terhadap infeksi bakteri virus secara cepat.

Dengan pedoman makanan dan minuman ini semoga ibadah anda di tanah suci akan lebih lancar, khusuk dan pulang membawa predikat haji.