KOTA MEKAH DAN KEUTAMAANNYA


Travel Umroh dan Haji Munatour, Jakarta – Secara geografis, kota Mekah terletak di bagian barat Saudi Arabia yang kebanyakan tanahnya berupa pegunungan, terutama di sekitar ka’bah. Daerah yang berada dibagian timur masjidil haram disebut Ma’la, dan di barat daya ada daerah Misfalah. Rasulullah SAW sendiri adalah warga daerah Ma’la, karna beliau berdimisili fi sana sebelum hijrah ke madinah. Di sana juga terdapat kompleks makam yang sangat terkenal dengan sebutan Makam Ma’la. Menurut riwayat salah seorang istri tercinta Rasulullah SAW di makamlan di sana, yaitu Sayyidah Khadijah.

Untuk menuju ke Kota Mekah terdapat tiga pintu utama, pertama adalah Ma’la (disebut juga Hujun), kedua Misfalah dan ketiga Syubaikah. Sejak diciptakannya bumi, Allah telah menyucikan Kota Makkah dan daerah sekitarnya.

Nabi Ibrahim disebut sebut sebagai orang yang pertama kali meletakkan batas batas Tanah Suci Makkah. Diriwayatkan bahwa malaikat Jibril menyuruh nabi Ibrahim untuk menandai batas-batas Tanah Suci Makkah dengan cara meletakkan batu-batu. Batas-batas tadi memisahkan kawasan Tanah Suci Kota Mekah dengan daerah lainnya. Panjangnya sekitar 127 km, dan luasnya kurang lebih 550 km persegi.

Diantara keutamaan-keutamaan kota Makkah ialah: (1) tempat dibangunnya Baitullah; (2) kota kelahirab Rasulullah SAW; (3) diwajibkannya bagi yang mampu untuk mengunjuginya; (4) Allah menjadikannya tanah suci dan dilarang adanga pertumpahan darah di dalamnya; (5) tempat untuk menghapus dosa-dosa yang lampau; (6) disyariatkannya thawaf di kakbah yang berada di dalamnya; (7) tempat yang tidak boleh seseorang memasukinya kecuali dengan hati yang khusy’ dan menanggalkan segala perhiasan dunia. Dan masih banyak keutamaan-keutamaan yang lain.

Itulah Makkah, di sanalah Allah meletakkan tempat-tempat mustajab bagi mereka yang mereka ingin berdoa, semisal Multazam, Maqom Ibrahim, Hijir Ismail, Hajar Aswad, Rukun Yamani, juga padang Arafah. Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda, “Doa yang paling utama adalah doa pada Hari Arafah. Dan perkataan yang paling utama yang aku dan para nabi sebelumku selalu mengucapkannya adalah La ilaha illallah, wahdahu la syarika lahu” (HR. Malik dan Tirmidzi)

Di sanalah pahala bagi kebaikan dilipatgandakan, sebagaimana balasan bagi perbuatan kelek juga dilipatgandakan. Lebih dari itu, Allah SAW sering bersumpah dengan Kota Suci ini, dan melarang orang-orang kafir untuk masuk ke dalamnya. “Aku (Allah) benar-benar bersumpah dengan kota ini (Makka) dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekkah ini”

Untuk pilihan Paket Umroh dan Haji sesuai sunnah, dengan fasilitas layanan berkualitas, pastikan perjalanan ibadah Umrah & Haji anda bersama Munatour. Travel Umrah & haji terpercaya dengan komitmen sunnah, travel sunnah, Umroh langsung Madinah. Segera Hubungi 0217822292, 081314160674 wa atau klik www.munatour.co.id