Tahalul Rukun Umroh & Haji


Tahalul ialah rukun dari ibadah haji & umroh, ditandai dengan mencukur rambut di akhir ibadah. Tahalul adalah ritual penutup, di mana setelah selesai tahalul, selesai pula ibadah umrah atau haji kita, dan selesailah kondisi ihram. Melakukan Tahallul bagi laki laki dapat dengan dua cara dan boleh memilih salah  satunya yaitu :

  • Taqshir : memotong pendek rambut
  • Tahliq : Mencukur gundul dengan merata mulai dari sebelah kanan lalu sebelah kiri (R. Bukhari dan Muslim)
  • Adapun bagi wanita, cukup dengan memotong beberapa helai rambut. (R. Abu Dawud)

Sampai di sini selesailah pelaksanaan ibadah umrah. Kita boleh memakai pakaian biasa dan bebas dari segala larangan ketika berihram.

Adapun bagi yang melanjutkan dengan ibadah haji, maka lebih utama bagi pria untuk mencukur rambut, tidak menggundul rambut. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Jabir Ibn ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu : “Lalu mereka semua bertahallul dengan cara memendekkan rambut, kecuali Nabi Shallallahu ‘Alaihi wasallam dan para sahabat yang membawa hadyu (binatang qurban).” (R. Muslim)

Peringatan

Ada dua kesalahan saat Thawaf dan Sa’i yang sering dilakukan

  1. Hanya terpaku dengan doa doa tertentu saja pada setiap putaran, padahal doa-doa tersebut tidak berlandaskan dalil-dalil yang kuat
  2. Terus menerus berdoa bersama sama dengan dikomando oleh seseorang dengan suara keras.

Kedua hal ini tidak ada tuntunannya dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan tidak juga dari para sahabat.

Salah satu ciri umroh & haji bersama Munatour adalah mencukur rambut hingga gundul, hal itu dilakukan untuk mendapat fadilah & keutamaan Umroh. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mendoakan para jamaah umroh & haji yang menggundul rambutnya sebanyak 3 kali.