MENGENAL MINA DAN JAMARAT


A. MENGENAL MINA

Dalam rentetan ibadah haji, Mina merupakan tempat yang sangat penting. Di dalam sejarah mina merupakan tempat nabi Ibrahim melempar jumrah (kerikil) serta menyembelih domba sebagai ganti dari menyembelih Ismail AS. Peristiwa itu diikuti oleh Rasulullah SAW setiap kali pergi berhaji. Dalam sebuah riwayat beliau bersabda, “Aku menyembelih kurban di sini, dan seluruh Mina adalah tempat menyembelih, maka sembelihlah korban dalam perjalann kalian” (HR. Muslim)

Adapun penamaan ‘Mina’ karna disana menjadi tempat berkumpulnya manusia. Karna dalam Bahasa Arab kata ‘Mina’ memiliki arti tempat yang digunakan untuk berkumpul. Kota Mina secara geografis terletak diantara Makkah dan Muzdalifah. Kurang lebih 7 km arah timur laut Masjidil Haram. Dalam rentetan ibadah haji, para jemaah bermalah (mabit) di sana pada malam 9 (tarwiyah), 11, 12 dan 13 dzulhijjah.

Dalam prosesi turunnya al-Quran, Mina menjadi saksi turnnya surat An-Nasr, yaitu surat ke-110, juga surat Al-Mursalat, yaitu surat ke-77, tepatnya di Gua Mursalat.

B. JAMARAT

Mina dan Jamarat Travel Umroh dan Haji terpercaya sejak lama kini menghadirkan beragam paket umroh landing jeddah serta umroh landing madinah dan beragam paket umroh lainnya

Salah satu wajib haji adalah melempar jumrah; jumrah ula (pertama), wustha (tengah) dan aqabah. Rinciannya adalah ketika tanggal 10 Dzulhijjah hanya melempar satu jumrah, yaitu jumrah aqabah dengan tujuh kerikil. Sedangkan pada tanggal 11, 12 (bagi yang nafar awal) dan 13 (bagi yang nafar tsani) melempar untuk ketiga jumrah, masing-masing tujuh kerikil.

Melempar jumrah tak lain adalah simbol perlawanan dan permusuhan kita kepada setan. Lemparan jumrah mengandung kemarahan dan penghinaan kita kepada setan.

Ibn Abbas RA meriwayatkan bahwa dikisahkan ketika Ibrahim AS diperintahkan untuk melaksanakan haji, beliau berangkat disertai oleh malaikat Jibril AS menuju jumrah aqabah, dan setan menghalanginya, lalu Ibrahim melemparnya dengan tujuh kerikil hingga pergi. Tak kala Ibrahim sampai di jumrah wusta, setan kembali menghalanginya, Ibrahimpun melemparinya kembali dengan krikil tujuh kali.

Mungkin terdetik di hati kita mengapa lempar jumrah harus tujuh kali dan berhari-hari. Mengapa tidak sekali lempar dalam satu hari? Hikmah yang dapt diambil adalah bahwa Allah menghendaki kita menjadi manusia manusia yang teguh, tidak mudah putus asa dalam melawan setan. Jadi melalui lempar jamarat di hari Mina, Allah dan Rasulullah ingin menanamkan semangat kepada kita dalam melawan dan menaklukkan setan.

Untuk pilihan Paket Umroh dan Haji sesuai sunnah, dengan fasilitas layanan berkualitas, pastikan perjalanan ibadah Umrah & Haji anda bersama Munatour. Travel Umrah & haji terpercaya dengan komitmen sunnah, travel sunnah, Umroh langsung Madinah. Segera Hubungi 0217822292, 081314160674 wa atau klik www.munatour.co.id

Kenapa harus travel umroh munatour ?

Munatour adalah Travel Umroh dan Haji yang sudah terpercaya sejak lama dan kini hadir dengan beragam Paket Umroh dan Haji Khusus dengan penawaran Harga Paket yang beragam dan menarik. Percayakan ibadah Umroh dan Haji anda bersama Travel Umroh Munatour