Mengunjungi Masjid Jawatha, Salah Satu Masjid Yang menyimpan Rahasia Hajar Aswad


Travel Umrah Dan Haji – Setelah sebulan sudah lamanya, Umat muslim di dunia melaksanakan ibadah Haji di Mekkah, Saudi Arabia, dengan berbagai cerita dan kisah yang menarik untuk dibagikan. Dan kini, saatnya bagi anda yang ingin menunaikan Umroh untuk mempersiapkan diri dengan mendatangi berbagai travel umroh terbaik seperti Munatour.co.id.

 

Dan dalam artikel kali ini, Munatour.co.id, akan membagikan informasi mengenai salah satu tempat rekam jejak perkembangan islam di wilayah Arab Saudi, yaitu Masjid Jawatha yang termasuk ke dalam 7 masjid tertua yang ada di dunia, dan cocok untuk anda jadikan salah satu destinasi untuk umroh anda.

 

Masjid Jawatha menjadi salah satu bagian dari 7 masjid tertua yang ada didunia, jadi tak ada salahnya bila anda mengunjunginya untuk menunaikan shalat, dan sekaligus menapak tilas perjalanan dan perkembangan Islam di wilayah timur tengah. Jika anda hanya berpikir bahwa Masjid tertua didunia hanyalah beberapa nama seperti Masjidil Haram, ataupun Masjid Nabawi, sepertinya anda harus mengetahui Masjid Jawatha yang satu ini.

 

Masjid Jawatha terletak di kawasan desa Al-Kilabiyah. Tepatnya ada di sekitar 12 km timur laut dari Hofuf, Al-Ahsa, Saudi Arabia, dan menjadi masjid yang pertama kali di bangun di wilayah timur saudi arabia.

 

Saat ini memang sebagian besar dari struktur asli bangunnya sudah rusak, hancur, dan menjadi reruntuhan, akan tetapi telah dilakukan beberapa perbaikan sehingga masih bisa digunakan untuk beribadah sampai sekarang. Masjid jawatha sendiri diketahui pertama kali dibangun pada tahun ke tujuh Hijriah oleh beberapa suku Bani Abdul Qadis yang mendiami tempat tersebut, jauh sebelum awal periode masuknya Islam.  Namun, selain sebagai mesjid tertua yang pernah dibangun, masjid ini juga menyimpan berbagai cerita menarik lainnya.

 

Ternyata di masjid ini, pernah dijadikan tempat menyimpan Hajar Aswad. Kala itu, Hajar Aswad sempat dicuri dari Makkah oleh Qarmatians. Kemudian, setelah kaum muslimin mendapatkannya kembali, batu mulia tersebut pun akhirnya disimpan selama hampir 22 tahun di masjid jawatha tersebut.

 

Namun sayangnya, keadaan masjid ini tengah diambang kehancuran akibat dimakan usia. Akan tetapi, Jika anda ingin berumroh ke tanah suci, maka tak ada salahnya untuk menyempatkan waktu anda mengunjungi masjid jawatha dan melakukan shalat disana.

 

Untuk informasi paket dan perjalanan Umroh yang sesuai dengan anggaran anda? segera kunjungi Munatour.co.id, dan dapatkan paket biaya umrah hemat bagi anda sekeluarga.dapatkan juga berbagai informasi mengenai tempat-tempat wisata dan sejarah perkembangan Islam di Jazirah Arab melalui artikel Munatour.co.id, solusi terbaik travel umroh Jakarta

Categories