Pergi Umroh Dengan Maskapai Murah? Cocok kah?


Travel Umrah Dan Haji – Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi pemeluk agama Islam terbesar di Dunia, maka tak heran bila setiap tahunnya, ada banyak umat muslim di Indonesia yang berkeinginan untuk dapat menunaikan ibadah Umroh. Dengan mengandalkan animo masyarakat muslim Indonesia tersebut, kini juga telah banyak bermunculan berbagai macam paket penawaran umroh menarik dengan harga yang bervariatif, mulai dari yang menengah kebawah seperti yang ditawarkan travel umroh Jakarta Munatour, hingga kepada kelas yang lebih tinggi dengan budget diatas rata-rata.

 

Dan sebaliknya, semakin banyak pula bermunculan maskapai penerbangan yang melayani penerbangan langsung dengan rute Arab Saudi dalam rangka Umroh. Bila pada musim haji, kebanyakan menggunakan maskapai full service seperti Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines, Emirates, Etihad, hingga Qatar Airways, kini juga telah hadir berbagai maskapai yang menawarkan perjalanan Umroh dengan biaya lebih rendah atau Low Cost Carrier

 

Beberapa penerbangan yang memiliki rute Umroh dengan biaya lebih rendah tersebut salah satunya seperti Air Asia, Lon Air, Mihin Lanka, dan lain sebagainya yang memang saat ini tengah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di berbagai negara dalam hal urusan penerbangan dengan ongkos lebih rendah.

 

Betapa tidak, dengna harga yang cukup murah tersebut langsung diminati bagi para Jemaah Umroh yang hendak berangkat, khususnya menjelang akhir tahun. Mengapa bisa demikian? faktanya, dengan harga tiket yang lebih murah tersebut, maka akan berdampak langsung pada harga paket perjalanan Umroh yang ditawarkan, dan jauh lebih murah bila dibandingan dengan maskapai lain yang menggunakan layanan full service.

 

Sebagai Informasi anda,maskapai yang menerapkan harga low cost tersebut tentu berbeda dengan maskapai yang menerapkan layanan full service. Salah satunya seperti jarak kursi yang lebih rapat bila dibandingkan dengan maskapai full service. Selain itu ada juga masalah bagasi, karena setiap maskapai low cost tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya mari simak ulasannya berikut ini.

 

Air Asia

Bila dibandingkan dengan maskapai lain yang menerapkan layanan penerbangan Umroh full service, maka Air Asia berani memasang harga jauh dibawah maskapai full service tersebut. Akan tetapi, tiket murah tersebut bukan tanpa alasan. dengan harga tiket yang cukup murah tersebut, maskapai ini pun tidak memberikan layanan makanan dan bagasi gratis. Semua bagasi milik penumpang, kecuali pada kabin, akan dikenakan biaya.

 

Maskapai Air Asia sendiri telah mematok biaya bagasi sebesar Rp 515.000 dengan berat bagasi yang mencapai 20 kg, Rp. 630.000 dengan berat bagasi yang mencapai 25 kg, kemudian Rp 870.000 dengan berat bagasi sampai dengan 30 kg, dan Rp 1.430.000 dengan berat bagai sampai 40 kg, untuk sekali jalan dari Jakarta ke Jeddah.

 

Lion Air

Sedikit berbeda dengan Air Asia, Maskapai Lion Air tidak membebankan biaya bagasi kepada para penumpangnya dengan alasan prioritas keselamatan penerbangan. Maskapai ini telah memberikan fasilitas bebas biaya bagasi untuk penumpang kelas eknomi seberat 20 kg, dan kelas bisnis sebesar 30 kg. Dan untuk barang bawaan jemaah yang bisa dibawa dikabin hanya sekitar 7 kg.

 

Akan tetapi, Maskapai ini lebih menetapkan kepada ukuran dari barang bawaan penumpang dengan ketetapan dimensi  panjang  x lebar x tinggi adalah 40cm x 30cm x 20 cm.