PRINSIP DALAM BERIBADAH UMROH & HAJI


Setiap muslim pastilah ingin agar ibadahnya dilakukan seperti Umroh dan Haji Khusus dapat diterima Allah Swt. Untuk itu maka amal ibadah tersebut harus memenuhi dua syarat, yaitu

  1. ibadah haruslah dilakukan dengan tulus ikhlas Lillahi ta’ala dan mencari keridoan Allah. sama sekali tidak boleh bercampur dengan berbagai bentuk kemusyrikan, riya’, ujub, takabbur atau pamrih.

Biasanya ketika anda ingin menjalankan umroh atau haji akan ada godaan dari syaitan misalkan ragu-ragu, was-was, bahkan yang sering terjadi adalah riya. ingin dipuji, dilihat. contoh yang sangat dekat dengan riya di masa saat ini adalah dengan uplod foto di medsos. lalu selama perjalanan ia akan menunjukkan bahwa ia sedang berada di tanah suci.

 

2. Ittiba’ yaitu dilakukan sesuai sunnah atau contoh Rasulullah Saw. banyak sekali tuntunan sunnah nabi saw sebelum melakukan umroh seperti walimatus safar lalu berwasiat kepada keluarga, meninggalkan bekal selama ditinggal nanti.

Tuntunan atau bimbingan sunnah akan anda dapatkan dalam manasik umroh yang dilakukan oleh travel biasanya 1 bulan sebelum berangkat. di dalam manasik itu, ustad pembimbing ibadah akan menjelaskan rincian dari 2 prinsip penting diterimanya ibadah.

oleh karena itu, apabila kedua hal tersebut dipenuhi, maka amal ibadah pun maqbul/ mabrur dan memperoleh kecintaan dan ampunan dari Allah swt. tidak terkecuali dalam hal ini adalah ibadah umroh dan haji, sebagaimana firman Allah swt berfirman

“katakanlah; jika kalian (benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah Aku, niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosa kalian. dan Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” QS. Ali Imroh: 31

Mudah-mudahan dengan melaksanakan 2 prinsip ibadah di atas, para jamaah akan mendapatkan kualitas ibadah umroh dan haji yang mabrur. seperti yang Rasulullah saw sampaikan dalam hadist

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

prinsip ibadah umroh dan haji khusus
Pastikan ibadah umroh dan haji khusus anda sesuai sunnah dengan travel umroh yang sudah terpercaya dan terbaik yaitu Munatour. Pilihan tepat untuk umroh sesuai sunnah dengan fasilitas berkualitas. pesawat saudia airlines, umroh langsung madinah, hotel makkah: Fairmont clock tower, hotel madinah: Movenpick anwar madinah.