RIWAYAT PENAMAAN MUZDALIFAH


Riwayat Penamaan Muzdalifah, Travel Umroh dan Haji VIP Jakarta , Munatour – Ada beberapa riwayat yang menerangkan asal-usul penamaan Muzdalifah. Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa penamaan Muzdalifah karena manusia mendatanginya pada permulaan malam (atau tengah malam). Riwayat lain mengatakan bahwa dinamakan begitu karena manusia meninggalkannya secara serentak. Dalam versi lain disebutkan bahwa Adam dan Hawa pernah berkumpul suami-istri di Muzdalifah.

Kota ini terletak diantara Mina dan Arafah. Daerahnya membentang dari lembah Muhassir sampai Al-Ma’zamain (Dua gunung yang saling berhadapan dan dipasahkan oleh jalan). Kurang lebih seluas 12, 25 km persegi. Sebagaimana Mina, Kota ini juga memiliki rambu-rambu batas wilayah. Maka tidak dianggap sah bagi para jamaah yang mabit pada tanggal 9 malam 10 Dzulhijjah di luar batas tadi.

Di dalam Al-Quran Allah berfirman, “Maka apabila kamu telah bertolak dari Arafah, berdzikirlah kepada Allah di Masy’aril Haram” (Qs. Al-Baqarah [2]:198). Menurut Ibn Umar RA yang dimaksud dengan “Masy’aril Haram” di dalam ayat adalag Muzdalifah.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah bertolak dari Arafah ke Muzdalifah ketika matahari telah terbenam pada tanggal 9 Dzulhijjah. Sesampainya di Muzdalifah, Rasulullah melaksanakan shalat Magrib dan Isa’ jamak ta’khir (dikerjakan di waktu isa’). Beliau bermalam (mabit) disana hingga malam, dan selepas subuh beliau bertilak ke Mina.

Di kota ini terdapat bangunan yang sangat terkenal yaitu Masjid Masy’aril Haram. Masjid ini digunakan satu tahun sekali dalam setahun. Yaitu ketika musim haji. Masjid ini adalah saksi bahwa Rasulullah SAW pernah melaksanakan shalat bagrib dan Isa.

Dalam ibadah haji, bermalam di kota ini merupakan wajib haji. Jika ditinggalkan ibadah hajinnya tetap sah tetapi harus membayar denda. Semoga penjelasan dari kami mengenai Riwayat Penamaan kota ini dapat membantu menambah wawasan para jamaah yang hendak pergi Haji atau Umroh, agar ibadahnya semakin khusyu, Aamiin.

Untuk pilihan Paket Umroh dan Haji sesuai sunnah, dengan fasilitas layanan berkualitas, pastikan perjalanan ibadah Umrah & Haji anda bersama Munatour. Travel Umrah & haji terpercaya dengan komitmen sunnah, travel sunnah, Umroh langsung Madinah. Segera Hubungi 0217822292, 081314160674 wa atau klik www.munatour.co.id