Tata cara Tawaf Umroh & Haji


Tawaf merupakan salah satu rukun dari Umroh & Haji. Rukun artinya perkerjaan itu menjadi bagian penting dalam ibadah, jika tidak dilakukan makan ibadah tersebut menjadi batal.

Sebelum masuk masjidil haram, jamaah dianjurkan berwudhu terlebih dahulu. kita diperbolehkan untuk masuk masjidil haram dari pintu mana saja. namun dianjurkan untuk mengikuti contoh nabi saw yang masuk melalui pintu babus salam, ataupun bab bani syaibah sambil berdoa

Bismillah wash sholatu was salamu ‘ala rasulullah. allahummaftahli abwaba rahmatika

Artinya: Dengan nama Allah, shalawat dan salam untuk Rasulullah. Ya Allah bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu. HR. Muslim

kemudian kita memandang Ka’bah yang mulia sambil berdoa :

Allahumma antas salam

Artinya: Ya Allah

Setelah itu, turun dan terus menuju Mataf (tempat thawaf) tepatnya di daerah searah Hajar Aswad. Di sini kita diberi pilihan antara lain:

Taqbil yaitu mencium Hajar Aswad

Istilam yaitu mengusap, meraba dan Taqbil (mencium) atau Istilam (mengusap meraba) dengan tangan atau sesuatu benda yang kita pegang, kemudian benda tersebut dicium atau

Isyarat dengan tangan atau benda yang kita pegang, tidak dicium sambil mengucapkan

Bismillah wallahu akbar

Artinya : Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. HR. Baihaqi

setelah mengucapkannya maka talbiyah dihentikan. Lalu kita menghadap ke kanan (Ka’bah ada di sebelah kiri) kemudian mengelilingi Ka’bah 7 (tujuh) kali. pada putaran 3 pertama dianjurkan jamaah pria untuk lari kecil. pada putaran keempat sampai selesai dengan jalan biasa. adapun untuk wanita tidak ada lari-lari kecil.

sesampai di sudut Rukun Yamani, kita dianjurkan untuk dapat mengusapnya. sambil mengucapkan

bismillah wallahu akbar

apabila tidak dapat merabanya, maka perlu berisyarat tangan maupun membaca doa tertentu. terus berjalan melanjutkan thawaf sambil berulang membaca doa sapu jagad.

setelah sampai di Hajar Aswad, maka kita laukan seperti putaran sebelumny. setelah selesai thawaf 7 tujuh putaran lalu mencari alternatif menuju sa’i.

haji khusus munatour sesuai sunnah, travel haji yang sesuai sunnah, amanah & profesional

haji khusus munatour sesuai sunnah, travel haji yang sesuai sunnah, amanah & profesional

Rencanakan ibadah umroh sesuai sunnah dengan travel umroh yang sudah terpercaya dan terbaik yaitu Munatour. Pilihan tepat untuk umroh sesuai sunnah dengan fasilitas berkualitas. pesawat saudia airlines, umroh langsung madinah, hotel makkah: Fairmont clock tower, hotel madinah: Movenpick anwar madinah.