Arab Saudi Uji Coba Kereta Haramain


Makkah (Kemenag). Pemerintah Arab Saudi menguji coba kereta cepat dengan tujuan Makkah dan Madinah guna memperlancar penyelenggaraan ibadah haji di sana.

Kereta api Haramain diuji coba oleh Pemerintah Arab Saudi untuk mengetahui kelayakan kereta tersebut. Kereta tersebut ditargetkan mampu mengangkut sekira 19.600 penumpang setiap jamnya.

“Kami akan menempatkan banyak petugas di sekitar stasiun , mereka akan dilatih berbagai macam bahasa untuk melayani jamaah haji,” ujar Presiden Organisasi Kereta Api Arab Saudi, Mohammed Al-Suwaiket, seperti dilansir Al Arabiya, Jumat (30/4).

Dengan adanya Kereta Haramain, jarak Makkah dan Madinah dapat ditempuh dalam tempo 90 menit. Hal tersebut jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan perjalanan bus yang memakan waktu selama 8 jam.

Nantinya, sebanyak 35 kereta api akan melayani para jamaah khususnya di waktu puncak ibadah haji. Pemerintah Arab Saudi mengatakan tujuan utama proyek Kereta Haramain adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada umat Muslim yang akan melakukan ibadah di dua kota suci tersebut.

Sumber: Kemenag.go.id