Demi keselamatan, Jemaah Haji Indonesia Hanya Boleh Melontar Jumrah Di Jam-Jam Ini


Travel Umrah dan Haji – Pemerintah Arab Saudi melalui Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) kembali memberikan sebuah pernyataan terkait waktu larangan untuk melempar jumrah bagi Jemaah. Hal ini dilakukan mengingat tragedi Mina tahun lalu yang telah memakan korban ribuan jiwa, termasuk beberapa jemaah dari Indonesia. Sejauh ini, Pemerintah Arab Saudi bahkan telah mengeluarkan jadwal lontar jumrah bagi para jemaah haji termasuk Jemaah asal Indonesia.

 

Pemerintah Saudi Arabia sendi sudah membuat jadwal mengenai jam-jam larangan Jemaah Haji Indonesia untuk melakukan ibadah Jumrah yakni:

 

  • pada tanggal 12 September 2016, jam 06.00 sampai dengan jam 10.30 waktu setempat.
  • Pada tanggal 13 September 2016, jam 14.00 sampai dengan jam 18.00 waktu setempat
  • Pada tanggal 14 September 2016, jam 10.30 sampai dengan jam 14.00 waktu setempat

 

Penentuan waktu jumrah tersebut juga merupakan bagian dari skenario jemaah yang telah mengambil nafar awal. Nafar awal diwajibkan bagi kloter-kloter pertama karena sebagai bagian dari percepatan persiapan pemulangan para jemaah. Para jemaah haji kloter pertama akan kembali ke tanah air pada tanggal 17 September, yakni berselang dua sampai tiga hari setelah puncak haji.

 

Berbagai pihak dari Indonesia seperti ketua kloter maupun ketua rombongan memiliki kewajiban untuk menandatangani surat penyataan untuk patuh dan tunduk terhadap peraturan yang dikeluarkan pemerintah Saudi Arabia tersebut terkait pembatasan jam dilakukannya lontar jumrah. Apabila pihak yang telah menandatangani tersebut melanggar, maka akan dikenakan konsekuensi hukum.

 

Demi keselematan saat melontar Jumrah, para Jemaah juga diwajibkan untuk tetap mematuhi rute saat melontar. Para jemaah diharapkan untuk tidak keluar dari jalur maupun berjalan bebas di luar dari rombongan dan ketentuan lainnya, karena bisa mengakibatkan bertemu arus dari rombongan jemaah lainnya dan sangat berbahaya.

 

 

Temukan berbagai informasi lainnya seputar pelaksanaan Haji 2016 dan artikel menarik lainnya hanya di Munatour.co.id, salah satu travel umroh terbaik yang melayani paket umrah dan haji dengan biaya umrah yang terjangkau

Categories