Jatah 5 Liter Air Zam-Zam Untuk Tiap Orang Jemaah Haji Indonesia Ternyata Masih Kurang


Travel Umrah Dan Haji – Salah satu yang menjadi momok tersendiri bagi panitia pelaksanaan Ibadah Haji Indonesia adalah, banyaknya para jemaah asal Indonesia yang secara diam-diam mencoba untuk menyembunyikan dan menyelundupkan air zam-zam untuk dibawa pulang ke Indonesia. walaupun sudah mendapat jatah yang cukup, namun tetap saja ada jemaah ‘nakal’ yang memasukkan air zam-zam kedalam botol kemasan atau jirigen yang kemudian dilakban dengan kuat lalu dimasukkan ke dalam Koper mereka.

 

Tak pelak, hal tersebut pun mengundang perhatian dari Menteri Agama, Lukman Hakim untuk meninjau langsung ke tempat pemeriksaan bagasi milik Jemaah di bandara Jeddah, Madinah, Arab Saudi. Lukman pun mengaku kaget melihat banyaknya para jemaah yang banyak membawa stok air zam-zam didalam koper milik mereka masing-masing, padahal sebelumnya panitia telah memberikan arahan untuk tidak membawa air zam-zam di dalam koper mereka.

 

Lukman pun menjelaskan, bila banyak jemaah haji yang melakukan hal seperti ini (menyimpan air zam-zam) didalam koper mereka, maka bisa saja membahayakan keselamatan penerbangan untuk kembali ke tanah air. padahal, menurutnya jemaah haji sudah mendapatkan jatah air zam-zam yang cukup banyak, yakni sekitar 5 liter untuk tiap orangnya.

 

“kami dan panitia mengimbau jemaah untuk tetap mematuhi larangan tersebut, karena dapat berakibat pada keselamatan penerbangan.” Tambah Lukman.

 

Selain itu, untuk kedepannya Lukman berjanji untuk mengupayakan meningkatkan jumlah jatah air zam-zam untuk tiap jemaah haji, menjadi sekitar 10 liter per orangnya, di musim haji mendatang. Sehingga kasus-kasus seperti ini tidak akan terjadi lagi.

 

“Kami akan berikhtiar untuk dapat meningkatkan jumlah tersebut.” tandas Lukman

 

Pada akhirnya, Lukman pun mengatakan bahwa pihaknya akan mulai membahas hal tersebut dengan otoritas penerbangan dari kedua maskapi dan negara yaitu Indonesia dengan maskapai Garuda Indonesia, dan Arab Saudi dengan Saudi Airlines.

 

 

Dapatkan berbagai kisah menarik dan inspiratif lainnya seputar Haji dan Umroh hanya di Munatour.co.id. Dapatkan juga berbagai informasi mengenai biaya umrah, travel umroh jakarta, ongkos naik haji, dan paket perjalanan umroh lainnya di Munatour.co.id, salah satu Travel umroh Terbaik yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

Categories