Masjid Pertama Di Muka Bumi, Masjidil Haram


Travel  Umrah dan Haji– Masjidil Haram yang berlokasi di Mekkah, menjadi tujuan tiap umat muslim di seluruh dunia ketika melakukan Ibadah Haji ataupun Umroh. Masjidil Haram sendiri merupakan sebuah masjid yang pertama sekali di bangun di atas muka bumi tempat kita berpijak ini, Subhanallah. Ini juga yang menjadi salah satu keistimewaan Masjidil Haram di Mekkah, bila di bandingkan dengan masjid-masjid lain yang tersebar di seluruh dunia.

 

Menurut HR Al-Bukhari, dalam sebuah buku yang bertajuk ‘Ensiklopedia peradaban Islam (Mekkah)’ karya Muhammad Syafii Antonio, disebutkan bahwa Masjidil Haram berdiri lebih awal bila di bandingkan dengan Masjidil Aqsha. Selain itu, kalimat ‘Masjidil Haram’ telah disebutkan di dalam Al-quran sebanyak 13 kali, dan begitupun didalam Hadist. Penyebutkan kalimat tersebut menunjukkan bahwa betapa mulianya Masjidil Haram bagi umat Islam di seluruh dunia.

 

Terhitung sebelum lahirnya Baginda Rasullulah Muhammad SAW, tepatnya beberapa saat sebelum pasukan Gajah dibawah pimpinan Raja Abrahah hendak menyerbu Ka’bah, Masjidil Haram telah mengalami beberapa renovasi, termasuk sebuah renovasi besar setelah sebuah kebakaran sempat meluluh lantahkan Masjid tersebut. kemudian, Masjidil Haram terus mengalami perubahan dari masa ke masa, untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita simak periodenya berikut ini:

 

  • Pada masa Pembebasan Kota Mekkah (Fathu Makkah), Rasullulah melakukan sedikit pembersihan dengan menghancurkan patung-patung (berhala) yang berada di sekitar Ka’bah
  • Pada masa Khalifah Umar bin Khattab (17 Hijriyah/ 638 Masehi) Masjidil Haram diperluas lantaran jumlah Jemaah haji yang semakin meningkat.
  • Pada masa Khalifah Utsman bin Affan (26 Hijriyah/646 Masehi), Masjidil Haram di beri atap sebagai tempat berteduh, dan perluasan yang mencapai 2.40 meter persegi, sehingga total luas saat itu adalah 4.880 meter persegi.
  • Pada masa pemerintahan Arab Saudi (1375 Hijriyah/1955 Masehi) dilakukan renovasi secara besar-besaran yang melibatkan sekitar 55 ribu pekerja dan biaya sekitar Rp. 2,3 triliun dan proses yang memakan waktu 20 tahun.
  • Pada tahun 1406 Hijriyah/ 1990 Masehi, dilakukan renovasi untuk pemasangan eskalator, penerangan, serta pengeras suara, hingga sistem pengairan air Zamzam
  • Pada tahun 1409 Hijriyah/1993 Maeshi, renovasi dilakukan dengan membangun sebuah pintu baru Babul Umrah, serta Bab Malik Abdul Aziz, serta pembangunan basement, loteng, hingga penambahan 3 kubah diatas Masjidil Haram.

 

Dengan predikat sebagai Masjid yang pertama kali di bangun di muka bumi ini, Masjidil Haram juga memiliki keistimewaan khusus lainnya, terbukti dari sabda Rasullulah SAW seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi “ Shalat di Masjidil Haram akan mendapatkan keutamaan 100 ribu kali lipat dari Shalat-Shalat yang dilakukan di masjid lainnya.”

 

Jangan lewatkan berita dan info menarik lainnya seputar Ibadah Haji 2016 beserta Info Travel Umroh terbaik, Info Travel Umroh Jakarta, Hingga Biaya Umrah termurah, hanya di Munatour.co.id.

Categories