Masjidil Haram Di Renovasi, Kuota Haji Indonesia Masih Tersendat


Travel Umrah dan Haji – Seiring dengan dilakukannya renovasi di kawasan Masjidil Haram, Pemerintah Saudi Arabia mengurangi batas kuota bagi tiap-tiap negara untuk mengirimkan Jemaah Haji nya. Akan tetapi menurut Ahda Barori, selaku Direktur Penyelenggaraan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Pemerintah Indonesia terus mengupayakan agar kuota jemaah Haji terpenuhi.

 

Namun sayangnya, Pemerintah Saudi Arabia masih membatasi jumlah kuota tersebut hingga renovasi yang dilakukan di masjidil haram tersebut rampung.

 

“Setiap negara sekarang dipotong 20 persen. Kalau selesai renovasi, kuota Indonesia bisa kembali ke 211 ribu,” papar Ahda

 

akibat pembatasan kuota jemaah Haji tersebut, Indonesia saat ini hanya mendapatkan jatah sebesar 168.000 orang dari yang seharusnya adalah 211.000. Ahda sendiri mengatakan tidak bisa berbuat banyak, karena seluruh keputusan terkait kuota tersebut adalah kewenangan pemerintah Saudi Arabia.

 

Ahda melanjutkan apabila menggunakan kuota haji milik negara lain tampaknya tidak akan banyak membantu, karena daftar tunggu para calon jemaah haji Indonesia masih terbilang cukup panjang.

 

Akibat sedikitnya kuota tersebut, maka akan bermunculan oknum yang tidak bertanggung jawab seperti yang terjadi pada kasus 177 jemaah haji yang mengalami gagal berangkat di negara Filipina.

 

Selain, itu daftar tunggu keberangkatan haji yang terlalu lama juga menyebabkan kasus seperti itu terjadi. untuk itu diharapkan nantinya pemerintah dapat menciptakan sebuah terobosan baru yang mampu mengatasi masalah panjangnya daftar tunggu para calon jemaah haji.

 

 

 

Jangan sampai ketinggalan berita update seputar pelaksanaan haji di tahun 2016 ini, hanya di Munatour.co.id, salah satu travel umroh terbaik di jakarta yang menyediakan paket perjalanan umroh dengan biaya umrah yang terjangkau

 

 

Categories