Rangkuman 6 Peristiwa Menarik Yang Terjadi Sepanjang Musim Haji 2016


Travel Umrah Dan Haji – Seiring dengan banyaknya peristiwa yang terjadi saat penyelenggaraan Haji 2016 di Indonesia, kali ini Munatour.co.id akan merangkum beberapa peristiwa menarik di tanah suci yang terjadi selama musim haji 2016. Antara lain sebagai berikut:

 

1. Seorang Jemaah Ditahan Lantaran Diduga Membawa Jimat
Ada-ada saja kelakuan jemaah asal Indonesia yang satu ini selama berada di tanah suci menjalankan ibadah Haji. adalah Ahmad Malik Tarsawi dari kloter SUB 3 asal madura yang harus ditahan oleh pihak otoritas Saudi Arabia selama 15 hari, lantaran diketahui telah membawa beberapa barang terlarang seperti jimat dan obat sarang tawon yang dicurigai telah dicampur opium. Ahmad ditahan ketika tengah berada di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah pada Rabu 10 Agustus 2016 jam 11 malam waktu setempat, hingga akhirnya dibebaskan pada tanggal 23 Agustus 2016.

 

2.Terpaksa Dua Kali Bolak Balik Indonesia-Arab Saudi Lantaran pasport tertukar
Seorang Jemaah perempuan bernama Sri Astuti harus bersedia melakukan perjalanan bolak-balik Indonesia-Saudi Arabia sebanyak 2 kali lantaran pasport nya tertukar dengan calon jemaah haji lainnya. akibat pasport tertukar tersebut, Sri Astuti terpaksa harus dideportasi dan kembali ke Indonesia, meskipun dia sudah berada di Jeddah pada tanggal 30 Agustus 2016 yang lalu. Setelah selesai mengurus semuanya, Sri Astuti pun akhirnya bisa menginjakkan kakinya kembali di tanah suci pada tanggal 2 September 2016. Akibat peristiwanya ini, Sri Astuti menjadi jemaah haji pertama yang harus rela bolak-balik Indonesia-Arab Saudi dalam waktu dekat.

 

3.Seorang Nenek Gunakan Sprinkle Untuk Tempat Jemuran, Dan Bikin Banjir
Tiba-tiba saja tiga kamar miliki Hotel Holiday Inn tempat para jemaah Haji Indonesia menginap mengalami banjir . setelah diselidiki, ternyata pemicu banjir tersebut adalah ulah seorang nenek di salah satu kamar lainnya. bagaimana tidak? Nenek tersebut mengaitkan jemuran pada sprinkle yang berada di langit-langit kamar. Tak ayal, air pun memancar keluar dan langsung menggenangi kamar, si nenek pun akhirnya pergi begitu saja.

 

4. Seorang Jemaah Haji Masuk Kedalam Mesin X-Ray
Konyol, sepertinya kata itulah yang tepat menggambarkan peristiwa yang terjadi di Bandara Internasional pangeran Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah. Pasalnya, salah seorang Jemaah Haji asal NTT yang tidak disebutkan identitasnya tersebut, rela masuk kedalam mesin X-Ray hanya karena tidak mau lepas dari tas yang dibawanya.

 

5. Puntung Rokok Picu Kebakaran
Sekali lagi, Jemaah Haji asal Indonesia membuat ulah dan menunjukkan sikap tidak terpuji dengan membuang puntung rokok sembarangan hingga memicu kebakaran di pemondokan, tepatnya di rumah nomor 620 Syisyah, Mekkah. Akibat kejadian tersebut, tiga mobil damkar milik pemerintah Saudi Arabia harus turun untuk meninjau lokasi kejadian.

 

6. Supir Bus di Makkah telat mengantarkan Jemaah Haji Miqot Di Bir Ali
Sekitar 42 Jemaah Haji Kloter 2 asal Banjarmasin tidak dapat melaksanakan ihram di Bir Ali ketika dalam perjalanan Madinah-Mekkah, padahal hal tersebut merupakan syarat kesempurnaan Ibadah Haji. hal tersebut terjadi lantaran terjadi insiden kecil yang mereka alami saat menaiki bis. Akibat peristiwa tersebut Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi harus melewati beberapa jalur birokrasi panjang untuk dapat membawa kembali para jemaah tersebut kembali keluar dari Mekkah, karena pihak otoritas Arab Saudi memiliki peraturan yang jelas tentang keluar masuk kota Mekkah.

 

Demikianlah rangkuman mengenai beberapa peristiwa unik dan menarik yang terjadi sepanjang musim haji 2016 bagi Jemaah asal Indonesia.

 

 

 

Dapatkan juga berbagai informasi menarik lainnya seputar haji dan umroh hanya di Munatour.co.id, travel umroh terbaik yang menjadi solusi mudah perjalanan ibadah haji dan umroh anda.

Categories