Sedikitnya 229 WNI Ditahan di Saudi Arabia Usai Menunaikan Ibadah Haji


 

 Travel Umrah dan Haji – Nasib naas menimpa sedikitnya 229 warga negara Indonesia yang tengah menjalani Ibadah Haji tahun 2016 di Mekkah, Saudi Arabia. Pasalnya, 229 Jemaah Haji asal Indonesia tersebut terlilit masalah hukum pihak otoritas setempat. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Menurut Retno, pihaknya mengetahui hal tersebut melalui komunikasi yang dilakukan dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di jeddah.

 

“Iya benar, para jemaah Haji asal Indonesia tersebut saat ini tengah ditahan dan berada sekitar 50 kilometer dari Mekkah. Perempuan dan laki-laki dipisah.” Ujar Retno.

 

Lebih lanjut, Retno juga mengatakan bahwa pihak KJRI saat ini sudah mendapatkan akses langsung untuk bertemu dengan beberapa warga negara Indonesia yang ditahan tersebut.

 

Ketika ditanya mengenai alasan ditahannya 229 warga negara Indonesia tersebut, Retno mengaku bahwa pihak otoritas Saudi Arabia menahan mereka lantaran tidak memiliki izin lebih lanjut untuk dapat menunaikan ibadah Haji. selain itu, ada beberapa warga negara Indonesia yang memang memiliki izin namun memilih berada di Mekkah lebih lama dari izin yang mereka dapatkan.

 

Menlu juga mengatakan bahwa KJRI akan melakukan pertemuan kembali dengan WNI yang ditahan tersebut untuk memberikan bantuan hukum setelah liburan haji. Menlu Retno juga memastikan kondisi dari para WNI Jemaah Haji yang ditahan tersebut masih dalam kondisi dan keadaan yang sehat dan baik secara fisik maupun mental.

 

Di lain sisi, Menlu juga sudah melakukan komunikasi dengan kapori Jenderal Tito Karnavian dan juga Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna H Laoly untuk mencari solusi terbaik dari permasalah yang menimpa WNI yang ditahan di Jeddah tersebut. Dirinya juga berjanji bahwa hal seperti ini tidak akan terjadi lagi di tahun-tahun penyelenggaraan Haji berikutnya dengan beberapa tindakan tegas yang akan diambil.

 

“untuk itu, guna menghindari kemungkinan terjadinya kejadian seperti ini di tahun-tahun penyelenggaraan ibadah Haji berikutnya, ini sudah menjadi porsi dari Kapolri dan jajarannya untuk menindak lanjuti.” Tutup Menlu Retno.

 

Dapatkan berbagai informasi terbaru lainnya seputar Haji 2016, termasuk update biaya umrah dan Haji terbaru hanya di Munatour.co.id, travel umroh  terbaik yang memberikan anda kemananan dan kenyamanan perjalanan Haji dan Umrah

 

 

Categories